Manajemen Solo Radio
TUGAS MANAJEMEN MEDIA
MANAJEMEN RADIO
MENELITI TENTANG SISTEM MANAJEMEN SOLO RADIO
BESERTA ESSAI NYA

Alfino Galang Samodra
M I K
A
01716146271
JURUSAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI PUBLIK
PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMASI DAN KOMUNIKASI
SEKOLAH TINGGI MULTIMEDIA YOGYAKARTA
SEJARAH
Sejarah pendirian solo_radio sendiri bermula dari Komisaris
Putri solo_radio, Bp. Robby Koesnadhi, Bp. Budi Soesetyo, Bp. Budi
Arifianto, ke tiganya dari Solo serta Bp. Arifin Gandawijaya dari Bandung yang
juga merupakan Presiden Direktur Ardan Group (Ardan FM, B Radio, dan Cakra FM,
Ardan Mind Works, Ardan Hotel dll), sepakat untuk mendirikan usaha radio
di Kota Solo.Pada Bulan Mei 2003 ditetapkan Putri solo_radio sebagai nama
Radio tersebut dan berlokasi di Jl. Menteri Supeno No. 06, Solo. Setelah kurun
waktu 2 bulan pembangunan fisik Studio Putri solo_radio, dimulailah
perekrutan karyawan untuk memperlancar mekanisme kerja di Putri solo_radio.
Perekrutan tersebut berhasil menjaring Putra-putri
terbaik di Kota Solo dalam bidang Broadcast yang melalui 4 (empat) tahap
seleksi yaitu tahap fit & Propert, tahap seleksi kemampuan Bahasa Asing,
tahap interview I, dan tahap interview II yang kesemuanya diselenggarakan di
Hotel Berbintang di Kota Solo. Calon Karyawan yang lolos tahap interview II
efektif mulai bekerja pada Bulan September 2003.
Pemilihan nama Putri solo_radio didasarkan pada ciri khas
Kota Solo yang harus tetap dipertahankan yaitu kelembutan, keluwesan dan
keayuan sehingga warganya memiliki kebanggaan tersendiri atas Kotanya.Dalam
pengembangan usaha ini Putri solo_radio memiliki sebuah konsep siaran yang unik
yaitu Famous, Fit & FashionableFamous, Fit & Fashionable sendiri
merupakan visi dari Kota Solo yang ingin terkenal ‘sehat’ dan bergaya hidup
modern.
Pemilihan warna logo Putri solo_radio yaitu Merah, Hijau
dan Kuning didasarkan pada keinginan untuk mengembalikan ciri khas Kota Solo
yang sudah melekat sejak dahulu.
· Tulisan
‘Solo’ – Warna Hijau: Penggambaran Kota Solo yang tetap sejuk
· Tulisan
‘Radio’ – Warna Kuning: Penggambaran Persahabatan
· Icon
Smile pada huruf ‘O’: Penggambaran keramahtamahan Kota Solo
· Tanda
titik dua dan kurung tutup pada huruf ‘O’ (Kata Radio): Penggambaran Putri
solo_radio dilengkapi dengan teknologi tinggi (Teknologi Informasi)
· Tanda
garis bawah – Warna Merah: Penggambaran penggabungan dua variabel (kata)
menjadi satu variable (kata) dan simbol ini memiliki nilai yang sangat penting

Kemudian berganti nama menjadi solo_radio saja agar lebih mudah diingat.
VISI DAN MISI
VISI:
Kota Solo memiliki keunikan yang tidak dimiliki kota lain
sebagai ciri-khas yang harus terus dipertahankan sehingga warganya
memiliki kebanggaan atas kotanya dan pada gilirannya nanti akan
meningkatkan partisipasinya dalam pembangunan kota. Ciri itu adalah adanya 2
(dua) keraton-Kasunanan & Mangkunegaran- yang tetap hidup di hati
warga kota sebagai kiblat budi-pekerti & seni-budaya yang adiluhung.
Sebagai pusat kekuasaan tertua sebelum Indonesia merdeka, Kota Solo
memiliki social capital yang paling besar, sehingga tidak mustahil
jika kemudian pusat perdagangan (busana) Pasar Klewer tetap eksis hingga
sekarang, termasuk penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional ( PON-I)
diselenggarakan di Kota Solo, mengingat disini paling siap sarana dan
prasarana olah-kanuragan. Kota Solo perlu memiliki media komunikasi massa
yang berfungsi sebagai perekat dan kontrol sosial, sehingga melalui media
tersebut segenap potensi dan partisipasi masyarakat dapat di-sinergi-kan
untuk peningkatan kesejahteraan sosial seluruh warganya.
MISI:
· Solo_radio
menjadi media terbaik dalam mengartikulasikan ke-ayu-an Kota Solo dengan bahasa
anak muda serta menjadi kebanggaan warga Solo.
· Solo_radio
menjadi media interaksi terpercaya dari seluruh elemen masyarakat.
· Solo_radio
berperan aktif dalam upaya menjaga dan meningkatkan citra Kota Solo sebagai
pusat perdagangan (busana) dan pusat olah raga,serta menampilkan keelokan kota
dan sportifitas warganya dalam konsep siaran yang disebut : famous, fit
&fashionable maknanya : memasyarakatkan kepedulian kepada hal-hal yang
bersifat kesehatan jasmani & rohani, menjunjung tinggi sikap sportif,
menjaga keelokan diri dan kotanya.
STRUKTUR ORGANISASI SOLO_RADIO
STRUKTUR ORGANISASI SOLO_RADIO

SPESIFIKASI
TEKNIK
Spesifikasi teknik Solo Radio 92, 9 FM terbagi atas dua
macam yaitu:
1. Data Teknik
Unggulan
Selain
menggunakan peralatan siaran bersifat internasional,solo radio juga menambahkan
teknologi yang belumdimilik radio siaran di Solo maupun Jawa Tengah.
2. Data Teknik Standar
Frekuensi
: FM 92,9 Mhz
Daya
Pancar: Maksimal
Sistem
Antena : Vertikal,80 meter
Coverage
Area : 60 KM Efektif
DESKRIPSI
PROGRAM SOLO RADIO
Solo Radio mengudara setiap hari dimulai dari
pukul 06.00 pagi hingga 02.00 dini hari.Dibagi menjadi 2 segmen yaitu:
1.Daily Program
2.Special Program
F.ESSAI TENTANG MANAJEMEN SOLO RADIO
Sejarah pendirian solo_radio sendiri bermula dari Komisaris Putri solo_radio, Bp. Robby Koesnadhi, Bp. Budi Soesetyo, Bp. Budi Arifianto, ke tiganya dari Solo serta Bp. Arifin Gandawijaya dari Bandung yang juga merupakan Presiden Direktur Ardan Group (Ardan FM, B Radio, dan Cakra FM, Ardan Mind Works, Ardan Hotel dll), sepakat untuk mendirikan usaha radio di Kota Solo.Pada Bulan Mei 2003 ditetapkan Putri solo_radio sebagai nama Radio tersebut dan berlokasi di Jl. Menteri Supeno No. 06, Solo. Setelah kurun waktu 2 bulan pembangunan fisik Studio Putri solo_radio, dimulailah perekrutan karyawan untuk memperlancar mekanisme kerja di Putri solo_radio.
Perekrutan tersebut berhasil menjaring Putra-putri
terbaik di Kota Solo dalam bidang Broadcast yang melalui 4 (empat) tahap
seleksi yaitu tahap fit & Propert, tahap seleksi kemampuan Bahasa Asing, tahap
interview I, dan tahap interview II yang kesemuanya diselenggarakan di Hotel
Berbintang di Kota Solo. Calon Karyawan yang lolos tahap interview II efektif
mulai bekerja pada Bulan September 2003.
Visi Solo Radio adalah Menjadi media komunikasi massa yang berfungsi sebagai
perekat dan kontrol sosial, sehingga melalui media tersebut
segenap potensi dan partisipasi masyarakat dapat di-sinergi-kan untuk
peningkatan kesejahteraan sosial seluruh warganya,dikarenakan Kota Solo memiliki keunikan yang tidak dimiliki kota
lain sebagai ciri-khas yang harus terus dipertahankan sehingga warganya
memiliki kebanggaan atas kotanya dan pada gilirannya nanti akan
meningkatkan partisipasinya dalam pembangunan kota. Ciri itu adalah adanya 2
(dua) keraton-Kasunanan & Mangkunegaran- yang tetap hidup di hati
warga kota sebagai kiblat budi-pekerti & seni-budaya yang adiluhung.
Sebagai pusat kekuasaan tertua sebelum Indonesia merdeka, Kota Solo
memiliki social capital yang paling besar, sehingga tidak mustahil
jika kemudian pusat perdagangan (busana) Pasar Klewer tetap eksis hingga
sekarang, termasuk penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional ( PON-I)
diselenggarakan di Kota Solo, mengingat disini paling siap sarana dan
prasarana olah-kanuragan.
Solo_radio Memiliki MISI yaitu menjadi media terbaik dalam mengartikulasikan ke-ayu-an Kota Solo dengan bahasa anak muda serta menjadi kebanggaan warga Solo serta menjadi media interaksi terpercaya dari seluruh elemen masyarakat.Solo_radio juga berperan aktif dalam upaya menjaga dan meningkatkan citra Kota Solo sebagai pusat perdagangan (busana) dan pusat olah raga,serta menampilkan keelokan kota dan sportifitas warganya dalam konsep siaran yang disebut : famous, fit &fashionable maknanya : memasyarakatkan kepedulian kepada hal-hal yang bersifat kesehatan jasmani & rohani, menjunjung tinggi sikap sportif, menjaga keelokan diri dan kotanya.
Solo_radio Memiliki MISI yaitu menjadi media terbaik dalam mengartikulasikan ke-ayu-an Kota Solo dengan bahasa anak muda serta menjadi kebanggaan warga Solo serta menjadi media interaksi terpercaya dari seluruh elemen masyarakat.Solo_radio juga berperan aktif dalam upaya menjaga dan meningkatkan citra Kota Solo sebagai pusat perdagangan (busana) dan pusat olah raga,serta menampilkan keelokan kota dan sportifitas warganya dalam konsep siaran yang disebut : famous, fit &fashionable maknanya : memasyarakatkan kepedulian kepada hal-hal yang bersifat kesehatan jasmani & rohani, menjunjung tinggi sikap sportif, menjaga keelokan diri dan kotanya.
Dengan
slogan Famous,Fit,dan Fashionable Solo Radio ingin menjadi radio untuk
anak-anak muda di Solo dan karesidenan surakarta.dengan berbagai acara musiknya
seperti Balekambang,dan Smash Your Ace yang terkenal di masyarakat dan dengan
ditunjang berbagai macam peralatan yang memadai Solo Radio sukses
menjadi salah satu Stasiun radio terbesar di kota Solo.Solo Radio juga didukung
oleh penyiar-penyiar muda yang kreatif sehingga bisa menjalankan visi dan misi
Solo Radio yang ingin menjadi radio nya anak muda Solo,selain itu Solo Radio
juga menyajikan siaran-siaran berita yang dikemas dengan selera anak muda jaman
sekarang sehingga bisa dengan mudah diterima oleh anak-anak muda Solo.
Pendengar yang menjadi target usia pendengar Solo Radio adalah anak muda dan yang berjiwa muda peka terhadap kemajuan teknologi dan gadget,serta pengguna internet dengan intensitas tinggi.Solo Radio senantiasa memberikan siaran-siaran yang kekinian seperti Lagu lagu yang semakin update dengan perkembangan Zaman dan menyediakan layanan streaming radio di website soloradio.fm.Dengan manajemen yang cukup memadai,sejauh ini Solo Radio berhasil menarik hati para pendengar-pendengarnya.Solo Radio juga selalu mengadakan event-event dan workshop untuk menjaring para pemuda pemudi kreatif yang mempunyai minat dan bakat dalam broadcasting khusunya radio.sistem perekrutan Solo Radio juga menjadi kunci bagi keberhasilannya bertahan dalam persaingan yang sangat ketat dalam bidang Radio.
Comments
Post a Comment